Pendahuluan
   Assalamualaikum WrWb hay teman-teman bertemu lagi di blog saya,seperti biasa pada kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat pada kegiatan saya pada pagi hari ini .Ya pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang konfigurasi port base pada MLS  Cisco menggunakan aplikasi packet tracer.

Latar Belakang
   Sehubungan dengan kegiatan yang telah saya dapatkan ketika mengikuti training cisco yang membahas tentang port base pada MLS.

Maksud dan Tujuan
   Memahami tentang apa itu MLS dan konfigurasinya menggunakan aplikasi simulasi cisco packet tracer.

Alat dan Bahan
1. Laptop
2. Aplikasi Packettracer

Pembahasan
Langsung saja kita buat topologinya terlebih dahulu seperti gambar di bawah ini.

Konfigurasi pada perangkat MLS seperti scrip di bawah ini.
MLS>enable
MLS#configure terminal
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
MLS(config)#interface  fastEthernet 0/1
MLS(config-if)#ip address 192.168.10.1 255.255.255.0
                  ^
% Invalid input detected at '^' marker.
   
MLS(config-if)#no switchport
%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface FastEthernet0/1, changed state to down
%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface FastEthernet0/1, changed state to up
MLS(config-if)#ip address 192.168.10.1 255.255.255.0
MLS(config-if)#exit
MLS(config)#do write
Building configuration...
[OK]

   Pada scrip di atas pada saat pertama kali memasukkan IP pada interface  terjadi eror jadi secara default seluruh interface di MLS dalam mode switchport dan bekerja dengan layer data link, agar dapat dikonfigurasi IP address gunakan perintah “no switchport”.
setelah konfigurasi pada MLS selesai kita masuk ke konfigurasi pada switch untuk scripnya seperti gambar di bawah.
Switch>enable
Switch#configure terminal
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Switch(config)#interface fastEthernet 0/1
Switch(config-if)#switchport mode access
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#interface range fastEthernet 0/2-3
Switch(config-if-range)#switchport mode access
Switch(config-if-range)#exit
Switch(config)#do write
Building configuration...
[OK]

Lanjut kita konfigurasi IP ,Netmask dan gateway pada tiap-tiap PC yang terhubung sesuai dengan gambar topologi di atas tadi.


Setelah itu kita coba cek apakah konfigurasi nya berhasil atau tidak. Dapat kalian lihat seperti gambar di bawah menandakan bahwa konfigurasinya berhasil.

Penutup 
   Mungkin cukup sekian yang dapat saya sharingkan pada postingan kali ini dan bila ada salah kata maupun maksud yang kurang jelas saya mohon maaf dan Wassalamualaikum WrWb.

0 Komentar