Pendahuluan

Assalamualaikum WrWb .hai teman-teman selamat datang kembali di blog saya.ya jadi pada kesempatan kali ini bertepatan pada hari sabtu,dan seperti biasa ketika hari sabtu yaitu kegiatannya yaitu evaluasi.

Latar Belakang

mengulas kembali materi yang telah kita dapat pada hari-hari sebelumnya.

Maksud dan Tujuan

Memahami materi yang telah di peroleh pada hari-hari sebelumnya.

Memperdalam materi yang telah di peroleh pada hari-hari sebelunya.


Pembahasan

  • Transport Layer
Transport layer merupakan lapisan keempat pada lapisan OSI layer. Lapisan ini
bertanggung jawab menyediakan layanan pengiriman dari sumber data menuju ketujuan data dengan cara membuat logical connection antara keduannya. Layer ini bertugas untuk memecah data dan membangun kembali data yang diterima dariapplication layer ke dalam aliran data yang sama antara sumber dan pengirim data

layanan yang terdapat pada transport layer.

  1. Flow control
  Di sini flowcontrol merupakan suatu metode control yang mencegah host pengirim mengirim data  membanjir (overflowing) buffer di host penerima.Tingkat transmisi data antara dua host kadang-kadang harus dikelola untuk mencegah pengirim cepat dari transmisi data.

    2. reliabilitas

    Mungkin paket akan hilang selama trensportasi karena kongesti jaringan dan kesalahan. Jadi dengan menggunakan kode deteksi kesalahan ,seperti checksum,maka protokol transport dapat memeiksa bahwa data tidak rusak maupun hilang dan pada lapisan ini meyakinkan bahwa data yang telah di proses itu akan tetap konsisten selama transportasi ke penerima.

    3.Multiplexing

    Multiplexing adalah teknik untuk mengirimkan atau menerima beberapa jenis data yang berbeda sekaligus pada saat bersamaaan melalui satu media network saja, media network ini dapat berupa kabel maupun nirkabel.

    4.segmentation dan reassembly.

   Layer transport bertanggung jawab untuk melakukan segmentasi data yang diterima dari layer atas (layer application). Setiap pecahan data hasil segmentasi akan di enkapsulasi dengan header yang berisi informasi-informasi layer transport seperti, nomor urut (sequence) dan juga port address pengirim dan penerima. Sequence number ini yang berguna bagi lapisan
transport untuk merakit/reassembly segmen-segman yang terpecah atau terbagi
tadi menjadi data yang utuh.



   Ada 2 protokol yang di gunakan dalam transport layer yang pertama ada TCP dan UDP.
Perbedaan dari kedua protokol tersebut adalah.


1. TCP

    TCP dijalankan dengan membangun komunikasi connection-oriented sebelum transaksi data. Selain itu juga dengan acknowlgment, pengirim tahu bahwa data telah sampai ke tujuan jika menerima ack dari penerima. Jika tidak ada acknowlgment yang diterima maka pengirim berasumsi bahwa data yang dikirim tadi tidak sampai ke tujuan dan akan melakukan transmisi ulang data tersebut.

2. UDP

   Protokol UDP menyediakan fungsi-fungsi layer transport namun jauh lebih sederhana dari pada TCP. Protokol UDP memiliki overhead yang lebih rendah dari pada TCP karena bersifat connectionless . connectionless berarti UDP tidak menjalin koneksi sebelum mengirim data seperti yang dilakukan TCP, yang berarti data akan langsung dikirimkan begitu saja


Permasalahan yang di dapat.

 Kurang pahamnya tentang protokol pada transport layer.

Penutup
 Mungkin cukup sekian yang dapat saya evaluasikan.
Wassalamualaikum Wr Wb

0 Komentar