Pendahuluan

    Assalamualaikum Wr Wb sebelumnya saya ucapkan selamat datang kembali di blog saya.

Later Belakang

   Minimnya ilmu pengetahuan tentang model referensi OSI  dasar arsitektural komunikasi data.

Maksud dan Tujuan

   Mampu memahami model referensi 7 Layer Osi

Pembahasan.


Hasil gambar untuk osi layer


    OSI merupakan standart komunikasi yang di terapkan di dalam jaringan komputer, standart itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan.
    Model referensi OSI menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer lain.

    Model referensi osi terbadi menjadi 7 lapisan dan dari setiap lapisan tersebut memiliki fungsi tersendiri.

1.Physical

physical adalah lapisan paling awal pada sebuah model referensi osi,lapisan berfungsi untuk medefinisikan media transmisi jaringan,metode pensinyalan,dan sinkronisasi bit, selain itu lapisan ini juga mendefinisikan bagaimana NIC dapat berinteraksi dengan media kabel atau radia. Selain itu lapisan ini juga bertanggung jawab atas data meliputi.

  • bertanggung jawab atas proses data di ubah menjadi bit dan mentansferkan melalui media seperti kabel.
  • lapisan ini hanya bisa di gunakan untuk penyedia jalur arus data saja, tanpa bertanggung jawab jika terjadi kerusakan data.

2.Data Link Layer

Data link adalah lapisa kedua pada model osi layer .layer ini menyediakan link untuk data dan memaketkan-nya menjadi frame yang berhubungan dengan hardware.
Kemudian data diangkut melalui media komunikasinya dengan kartu jaringan.
mengatur komunikasi layer physical antara system koneksi dan meakukan penanganan data yang error.
Datalink ini berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control,  pengalamatan perangkat keras seperti halnya di Media Access Control Address (MAC Address),
dan menetukan bagaimna perangkat perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level; ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan
Logical Link Control (LLC)
dan lapisan
 Media Access Control (MAC)


3.Network Layer

Network layer adalah lapisan ke tiga yang bertanggung jawab menentukan alamat jaringan (IP) menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, menjaga antrian tafik di jaringan.
Data pada layer ini berbentuk “Paket”. Network ini berfungsi untuk
mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat Header untuk paket-paket dan kemudian melakukan routing melalui internet-working dengan menggunakan router dan switch layer 3.

4.Transport Layer

Transport layer adalah lapisan ke empat setelah Network layer lapisan ini bertanggung jawab membagi paket data menjadi segmen, menjaga koneksi logika “end to end” antar terminal, dan menyediakan penanganan error (error handling).
Transport ini Berfungsi untuk memecahkan paket data kedalam data-data tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan yang telah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement) dan mentransmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang di tengah jalan.

5.Session Layer

Session layer merupakan layer ke lima yang menentukan bagaimna dua terminal menjaga, memelihara dan mengatur koneksi. Bagaimna mereka saling berhubungan satu sama lain.
Koneksi di layer di sebut “session”. Session Layer berfungsi untuk
mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara atau di hancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama


6. Presentation Layer

Presentation layer jaringan komputer merupakan sebuah lapisan yang berada pada model lapisan OSI layer, yang berada pada level atau lapisan ke enam ketika sebuah data atau informasi akan dikirim, Layer presentation ini memiliki fungsi utama sebagai penerjemah, yaitu menterjemahkan aplikasi menjadi bentuk data yang akan ditransmiiskan ke layer – layer berikutnya, dan juga sebaliknya, yaitu mentranslasikan atau menterjemahkan data – data ke dalam bentuk aplikasi.Presentation layer juga merupakan lapisan dimana data mulai disajikan dalam bentuk bentuk tertentu (format) seperti misalnya format JPEG untuk gambar, Doc, dan sebagainya.


7.Application Layer

Application Layer merupakan lapisan ke tujuh pada model osi, Application layer adalah lapisan yang menyediakan interfaces antar aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi . berbeda dengan layer atau lapisan pada model osi lainnya, application layer adalah layer atau lapisan yang paling dekat dengan user komputer, karena di dalam sistem jaringan komputer application layer bisa menjadi awal dan juga bisa menjadi akhir lapisan dan selalu berkaitan dengan macam aplikasi di dalam komputer seperti email clent,web browser dsb. 



Penutup
   Mungkin cukup sekian yang dapat saya bawakan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat bagi teman-teman .

Wassalmualaikum Wr Wb

0 Komentar