Pendahuluan
   Assalamualaikum Wr.Wb. Hay teman-teman berjumpa lai di blog saya,seperti biasa kali ini saya akan sharing tentang siklus pengolahan data.

Latar Belakang
   Melakukan sharing tentang ilmu yang di dapat ketika mengikuti Prakerin.

Pembahasan.




1. Origination. Pada tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
2. Input. Pada tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device).
3. Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.
4. Output. Pada tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device), yaitu berupa informasi.
Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribus atau penyaluran output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
5. Storage. Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya. Pada gambar di atas, tampak adanya 2 buah anak panah yang berlawanan arah, menunjukkan bahwa hasil pengolahan dapat disimpan di storage dan dapat diambil kembali untuk proses pengolahan data selanjutnya.

Penutup
   Mungkin sekian sharing pada kesempatan kali ini kurang lebihnya mohon maaf dan Wassalamualaikum Wr.Wb.

Referensi
https://www.belajar-komputer-mu.com/2011/09/siklus-pengolahan-data.html

0 Komentar