A.Pendahuluan 

    Assalmualaikum Wr Wb  welcome back to my blog,pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang macam-macam desktop yang ada pada sistem operasi linux.

B.Latar Belakang 

    Mengenal beberapa tipe desktop pada sistem operasi linux. 

C.Maksud dan Tujuan
    Dapat mengetahui beberapa tipe desktop pada sistem operasi linux.

D.Pembahasan

    Jadi setelah kemarin membahas tentang sharing tentang sistem operasi linux maka pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang macam-macam tipe desktop yang terdapat pada sistem operasi linux.langsung saja kita masuk ke inti pada sharing kali ini.

     Macam macam desktop pada linux

pada saat ini jenis desktop pada linux ada 8 jenis.

1.Unity



Unity adalah desktop default dari ubuntu.unity di buat oleh Canonical Ltd dengan menggunakan Gnome shell .unity mulai menemani ubuntu sejak dirilis ubuntu 10.10.



2. Mate




Mate merupakan pengembangan dari Gnome 2 dan Gnome 2 ditinggalkan setelah di rilisnya Gnome 3. nama mate sendiri diambil dari nama tumbuhan dari amerika selatan yang bernama yerba mate dan the yang terbuat dari dedaunan. Mate awalnya merupakan proyek dari linux mint sama halnya dengan cinamon dan mate pertama di rilis pada tanggal 18 juni 2011.



3.LXDE





LXDE atau Lightweight x11 desktop merupakan lingkungan desktop yang ringan dan cepat. Desktop ini sangat cocok pada komputer tua yang berspesifikasi rendah.LXDE mulai aktif dalam perkembangan desktop environment sejak tahun 1998.



4. Cinnamon




Cinnamon adalah desktop yang di gunakan untuk linux mint. Cinnamon merupakan proyek pengembangan dari Gnome shell yakni konsep modern dari Gnome 3 dengan konsep dari Gnome 2.
cinamon kali ini tidak lagi di gunakan saja pada linux mint ,namun sekarang dapat di jumpai di Ubuntu,Opensuse,Fedora,Arch Linux dll.

5.Xfce



Xfce adalah desktop environment yang menggunakan GTK+2 (seperti Gnome 2). xfce merupakan proyek DE yang di bangun oleh olivier fourdan pada tahun 1996. xfce dulunya bernama XFCE (menggunakan huruf kapital semua) singkatan dari Xforms Common Environment.
Walaupun sekarang kalah populer di banding Gnome dan Kde ,Xfce mempunyai keunggulan seperti eingan di pakai,dan hemat sumber daya.

6. KDE



KDE ( K desktop Environment) adalah jenis desktop yang di bangn dengan Toolkit Qt dari Trolltech. Proyek KDE di mulai pada tanggal 14 Oktober 1996 oleh Matthias Ettrich. KDE mulai menemani desktop sistem operasi sejak tahun 1998 dengan di rilisnya KDE 1.0.KDE telah merilis versi barunya dengan nama KDE plasma 5.0 yang di mulai di perhatikan kepada publik pada pertengahan tahun 2014.



7.Gnome



Gnome adalah jenis desktop yang mulai melekat pada OS linux sejak 3 marep 1999. gnome ialah proyek yang di usung oleh miguel de icaza dan federico mena sejak agustus 1997.tujuan dari proyek tersebut adalah untuk mempermudah dalam penggunaan dan gratis untuk di gunakan dalamsistem operasi.
Gnome dapat dijumpai di linux debian,zorin,blacktrack,kali linux,fedora.

E.Kesimpulan

    Lebih mengetahui macam-macam tipe desktop pada linux.


F.Penutup

    Mungkin cukup sekian yang dapat saya sharingkan semoga bermanfaat bagi semua pembacanya dan bila ada salah kata mohon maaf.

Wassalamualaikum WrWb











Referensi :

0 Komentar