Pendahuluan
   Assalamualaikum WrWb  Hay teman-teman bertemu lagi di blog saya, pada potingan kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat selama satu hari ini.
Pembahasan

          

LINUX


 
      Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem komputer bertipe UNIX. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak terbuka dan sumber terbuka(open source) . Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

"Linux" berasal dari nama pembuatnya yaitu linus torvalds padatahun 1991.speralatan sistem dan pustaka umumnya berasal dari sistem operasi GNU yang di umumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/LINUX.
  • Unix sendiri adalah sistem operasi (perangkat lunak yang dimiliki secara ekslusif oleh pihak tertentu) yang dikembangkan oleh pusat penelitian Bell Labs pada tahun 1970 oleh Ken Thompson, Dennis Ritchie, dan sejumlah pengembang lain. Cara utama untuk berkomunikasi di sistem operasi ini menggunakan Command Line Interface (CLI), dan meskipun baru-baru ini sudah ada GUI. sebagian besar pengguna Unix masih lebih suka menggunakan CLI. Karena Unix adalah perangkat lunak proprietary, Unix tidak tersedia secara gratis juga tidak open source.
  • GUI (Graphical User Interface), adalah antarmuka sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.
  • CLI (Command Line Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi denga sistem operasi atau komputer tersebut.
       Jadi, CLI merupakan antarmuka yang menggunakan input dari keyboard untuk bisa berinteraksi dengan komputer tersebut. CLI lebih ditujukan kepada sistem operasi yang digunakan sebagai komputer server
 

Penutup
   Mungkin cukup sekian yang dapat saya sharingkan untuk hari ini dan bila ada salah kata maupun maksud yang kurang jelas saya mohon maaf dan semoga bemanfaat.
Wassalamualaikum Wr Wb

0 Komentar