pendahuluan.
   Assalamualaikum Wr.Wb ya selamat malam teman-teman bertemu lagi pada blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing  sedikit tentang cara konfigurasi hotspot di mikrotik.
Maksud dan Tujuan.
Agar kita dapat terhubung ke internet via wifi di mikrotik.
Pembahasan.
   Hotspot adalah area dimana seorang client dapat terhubung dengan jaringan internet secara wireless (nirkabel/tanpa kabel) dari PC, note book atau gadget seperti Handphone dalam jangkauan radius kurang lebih beberapa ratus meteran atau tergantung dari kekuatan frekuensi/signal. 
Langsung saja simak langkah-langkah konfigurasi hotspot di mikrotik di bawa ini.


1.Masuk tab Interfaces, enable wlan klik tanda centang , klik dua pada interface wlan untuk masuk menu setting

2. Pilih tab wireless -> mode ap bridge, rename ssid sesuai keinginan -> apply -> OK
3. Klik menu IP -> Addresses -> tambahkan IP untuk interface wlan1

4. Lalu tambah dhcp client klik menu IP -> dhcp client, sesuaikan interface ethernetnya yang terhubung ke internet


5.  Untuk membuat hotspot klik menu IP -> hotspot -> hotspot setup, pilih interfaces wlan1, lalu klik next



6.Jika di interface wlan1 sudah terdapat IP, maka pada langkah kedua ini, secara otomatis terisi IP Address yang ada di wlan1

7. Langkah selanjutnya menentukan range IP, Secara default, router otomatis memberikan range IP sesuai dengan prefix/subnet IP yang ada di interface.


8. Terdapat kotak dialog SSL certificate, klik next saja


9. Pada kotak dialog SMTP Server saya biarkan default, klik next


10. Di langkah ini, kita menentukan alamat DNS Server,Sebagai contoh, saya menggunakan DNS Server Google. Lalu klik Next.


11. Selanjutnya kita diminta memasukkan nama DNS name. Jika diisikan, nantinya setiap user yang belum melakukan login dan akan akses ke internet, maka browser akan dibelokkan (redirect) ke halaman login ini


12. Langkah terakhir, tentukan username dan pasword untuk login ke jaringan hotspot . Ini adalah username yang akan kita gunakan untuk mencoba jaringan hotspot kita.

Selanjutnya koneksikan laptop ke wifi hotspot yang sudah kita buat. Kemudian buka browser dan akses web sembarang, maka Anda akan dialihkan ke halaman login hotspot seperti pada gambar berikut ini:



Login dengan username dan password yang telah Anda buat pada langkah sebelumnya. Jika berhasil login maka akan membuka halaman web yang diminta dan membuka popup halaman status Hotspot.

Penutup
Mungkin cukup sekian sharing pada kesempatan kali ini dan bila ada salah kata maupun maksud yang kurang jelas saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.


Wasalamualaikum Wr.Wb

sumber referensi : di sini


0 Komentar