A. Pendahuluan
Assalamualaikum Wr.Wb. Hay teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang perawatan perangat keras pada komputer.
B. Latar belakang
Saya memprlajari ini karena saya ingin tau tentang cara perawatan perangkat keras dan agar dapat merawat perangkat keras komputer dengan demikian komputer kita tidak akan rusak.
C. Pembahasan
Perawatan adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk mencegah atau mengatasi suatu masalah yang muncul.
    Perawatan pasif
Perawatan pasif adalah perawatan komputer yang tidak disertai dengan perbaikan, umumnya dalam perawatan pasif adalah hanya mengecek kondisi perangkat dan membersihkanya. Untuk perawatan pasif lebih terjadwal dalam prawatanya misal sebulan atau setahun sekali.
    Perawatan aktif
Perawatan aktif adalah perawatan yang disertai dengan perbaikan, biasanya ketika terjadi sebuah masalah kita baru melakukan perawatan, Untuk perawatan aktif tidaklah terjadwal, saat ada trouble saja kita melakukan perawatan perangkat keras komputer.

    Cara merawat hardware pada komputer

Cara merawat motherboard :
1. Bersihkan Seluruh bagian motherboard dengan Kuas
2. Setelah itu Gunakan Penyedot Debu yaitu Kompresor mini agar debu yang tersisa bisa hilang. semprot semua bagian motherboard sampai benar-benar bersih.
3. Gunakan kain halus apabila terdapat debu yang sulit dihilangkan yaitu debu atau kotoran yang sudah mengering. Caranya yaitu Semprot Kain halus atau Tisu dengan Cairan Pembersih, Setelah itu usapkan pada bagian komponen yang terkena debu yang sudah mengering.

Cara merawat RAM :
1. Siapkan penghapus kertas dan kuas.
2. Cabut kabel power dari staker listrik.
3. Cabut RAM (DDR/SR) dari motherboard, lalu bersihkan tempat melekatnya RAM dengan kuas. Untuk RAM yang tidak terbaca atau terbaca sebagian, kamu bisa bersihkan juga menggunakan penghapus pensil.
4. Gosok bagian tembaga berwarna yang digunakan untuk menempelkan pada motherboard sampai bersih dari kotoran maupun karat.
5. Setelah itu pasang kembali RAM  pada tempatnya.

Cara merawat processor
1. Gunakan Fan dan Heatsink Processor yang bagus
2. Gunakan Thermal Paste yang bagus
3. Cek Suhu Processor menggunakan software

Cara membersihakan keyboard
1. Periksa Petunjuk Penggunaan
2. Buang Remah-Remahan di Keyboard
3. Gunakan Kompresor Udara
4. Gunakan Alkohol atau Cairan Pembersih Elektronik
5. Gunakan Pelindung Keyboard

D. Penutup
Mungkin Cukup sekian sharing yang dapat saya sampaikan bila ada salah kata maupun maksud yang kurang jelas mohon maaf dan Wassalamualaikum Wr.Wb

0 Komentar