Pendahuluan
   Assalamualaikum WrWb hay teman-teman bertemu lagi di blog saya,seperti biasa pada kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat pada kegiatan saya pada pagi hari tadi.ya pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang konfigurasi ACL pada router cisco menggunakan aplikasi packettracer.

Latar Belakang
   Sehubungan dengan kegiatan yang telah saya dapatkan ketika mengikuti training cisco yang membahas tentang ACl.

Maksud dan Tujuan
   Memahami tentang apa itu ACL dan konfigurasinya menggunakan aplikasi simulasi cisco packet tracer.

Alat dan Bahan
1. laptop
2. aplikasi cisco packet tracer

Pembahasan
 
   Access Control List ( ACL ) adalah metode untuk memfilter paket-paket yang keluar masuk jaringan melalui router. Paket yang dapat di filter oleh ACL adalah source IP dan destination IP

   Langsung saja kita mulai ke prakrek konfigurasinya.
pertama kita buat terlebih dahulu topologinya baik topologi logical dan topologi fisiknya agar dengan adanya topologi kita akan lebih mudah dalam konfigurasinya.

     ya seperti diatas adalah topologi yang saya buat.dan langsung saja kita masuk ke konfigurasinya.

Router0

Router>enable
Router#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Router(config)#int fa0/0
Router(config-if)#ip add 192.168.10.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut

Router(config-if)#
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/0, changed state to up

%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface FastEthernet0/0, changed state to up

Router>enable
Router#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Router(config)#int fa0/0
Router(config-if)#ip add 192.168.20.1 255.255.255.252
Router(config-if)#no shut

Router(config-if)#
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/0, changed state to up

%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface FastEthernet0/1, changed state to up

    setelah itu kita konfigurasi untuk tiap tiap end device yang terhubung ke perangkat jaringan.
pertama kita konvigurasi untuk server.

 setelah itu konfigurasi ke tiap tiap PC yang terhubung. dengan memasukkan ip sesuai dengan topologi yang telah di buat di atas.


    setelah konfigurasi pada tiap-tiap perangkat end device selesai lakukan tes dan pastikan semua perangkat dapat saling terhubung.

    ya setelah perangkat semua dapat terhubung selanjutnya kita konfigurasi ACl dengan perangkat mana saja yang dapat terhubung perangkat server. pada konfigurasi kali ini saya akan mengkonfigurasi PC0 dapat mengakses(permit) PC server sedangkan PC 1 dan 2 tidak dapat mengakses. langsung saja kita masuk ke konfigurasinya.


Router>enable
Router#conf t
Router(config)#access-list 1 permit host 192.168.10.2
Router(config)#interface fastEthernet 0/0
Router(config-if)#ip access-group 1 in
Router(config-if)#exit
Router(config)#do wr
Building configuration...
[OK]

setelah konfigurasi selesai lakukan saja tes pada tiap tiap PC.


yess....konfigurasi berhasil.

Penutup
  Mungkin cukup sekian yang dapat saya sharingkan semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dan apa bila ada salah kata maupun maksud yang tidak jelas saya mohon maaf dan Wassalamualakum WrWb.


referensi
1.kakak training cisco
2.di sini

0 Komentar