Pendahuluan
   Assalamualakum WrWb  hay teman-teman bertemu lagi di blog saya,seperti biasa pada kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat pada kegiatan selama  sehari ini.

Latar Belakang
   Pada kesempatan kali ini kita teman-teman BLC memiliki tamu istimewa yaitu seorang  Network Engineer,Network Consultant,Network Analysis,Network Architect,Network Administrator,dan juga seorang Trainer,dan  Beliau juga mendapat sertifikasi ethical hacking.beliau adalah Michael Takeuchi.

Waktu Pelaksanaan
sharing bersama kurang lebih 4 jam

Pembahsan
  Pada pertemuan kali ini, Michael ingin sharing tentang Network Security atau Keamanan Jaringan, dimana hal ini adalah hal cukup krusial di bidang Information Technology, karena segala bentuk data dan Informasi dibidang IT adalah rahasia. Apabila terbongkar maka akan sangat dapat berbahaya bagi orang yang bersangkutan.

   Sebelum membahas tentang Network security Michael Takeuchi sharing tentang Osi layer. Apa hubungannya Network Security dengan Osi layer ? karena metode serangan para hacker yaitu melalui jaringan,dan proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dalam jaringan melalui sebuah layer layer osi.Michael Takeuchi menerangkan tentang  pentingnya osi layer itu terkait dengan network security.

Setelah sharing seputar osi layer,Micahel Takeuchi melanjutkan sharing tentang Network security.Dalam network security terdapat segi segi keamanan yaitu:
1.Confidentiality (Kerahasiaan data).
2.Integrity (integritas) hanya pihak yang berwenang yang dapat mengubah data.
3.Availability (ketersediaan data).

   Michael juga bilang sebelum memulai hacking, kita harus mengumpulkan informasi (information gathering) kepada target bisa dilakukan di media sosial seperti facebook untuk pengumpulan informasi.Disini Micahel takeuchi juga menunjukkan beberapa trik hacking secara langsung.

Tool-tool yang digunakan Bang Michael takeuchi antara lain untuk menganalisis jaringan antara lain :
- Nmap
- NetworkMiner
- John the Ripper
- https://www.exploit-db.com/

   Selain itu Bang michael juga sharing tentang peretasan website (deface) dan juga beberapa contoh hacking lain.

kesimpulan
  Semau data yang kita miliki yang kita publikasikan di internet baik itu secara kerahasiaan maupun ketersediaan tetap saja dapat di bobol.

Penutup
   Mungkin cukup sekian sharing untuk postingan pada pertemuan kali ini dan bila ada salah kata maupun maksud yang kurang jelas,saya mohon maaf
dan Wassalamualaikum WrWb.

0 Komentar