Assalamualaikum Wr.Wb





Pendahuluan
   Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang aplikasi DIA yang  juga penting di gunakan oleh desainer program sebagai aplikasi untuk membuat rancangan awal membuat flowchard, selain itu juga banyak kegunaan dari aplikasi DIA ini untuk merancang topologi jaringan dll.
Maksud dan Tujuan.
   Memahami dan memanfaatkan aplikasi open source pada linux untuk melakukan rencana awal pembuatan topologi jaringan pada aplikasi DIA.

Pembahasan.
    DIA adalah ,sofrware Open Source gambar  untuk Windows, Mac OS X dan Linux. Dia mendukung lebih dari 30 jenis diagram yang berbeda seperti diagram alur, diagram jaringan, model basis data. Lebih dari seribu benda readymade membantu untuk menggambar diagram profesional. Dia bisa membaca dan menulis sejumlah raster dan gambar vektor yang berbeda format. pengembang perangkat lunak dan spesialis database dapat menggunakan Dia sebagai alat CASE untuk menghasilkan kerangka kode dari gambar mereka. 
    Dia software mempunyai banyak kelebihan, di antaranya jenis software yang terbilang ringan, tetapi mempunyai kemampuan yang sangat handal dalam bidangnya, sofware ini compatible dengan berbagai macam OS seperti Windows, linux, mac Os X. selain itu yang terpenting softwre Dia ini GRATIS.


Langkah-Langkah menginstall Aplikasi DIA di Linux
  1. Masuk ke terminal caranya tekan secara bersama (ctl+alt+t)   
  2. Lalu ketikkan script  sudo su→ Enter  untuk mendapat akses root
  3. Lalu masukkan scriptnya apt-get install dia→Enter untuk menginstall software DIA.


  4. Maka akan muncul tulisan "do you want continue? y/n tekan y.→Enter.
 
 5. Maka proses installnya sudah selesai.
   
6. Untuk pengecekan bisa di lihat di menu desktop ketik saja "DIA" .


Penutup
   Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan ,semoga  bermanfaat bagi teman-teman.
Wassalmualaikum Wr.Wb

0 Komentar