Pendahuluan

   Assalamualaikum WrWb  Hay teman-teman bertemu lagi di blog saya, pada potingan kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat selama satu hari ini. Yaitu konfigurasi dasar pada mikrotik routerboard.

Untuk topologi yang akan kita konfigurasi dasar mikrotik seperti gambar di bawah.

 Langkah-langkah.

1 .  Konfigurasi ip laptop sesuaikan 1 subnet dengan ip default mikrotik: 192.168.88.1 (bisa di lihat di kardus bagian belakang mikrotik)


2 .  Buka aplikasi winbox >> lakukan neighbour (klik kotak) >> lakukan koneksi melalui MAC Address  >> connect. dengan  username : admin password : (kosong)


3 .  Beri nama identitas pada Routerboard. :sysem>> identify>>rubah nama mikrotik, misal : ( NAMA SEKOLAH-MU)



4 .   Berikan identitas nama pada masing-masing interface:  interfaces >> klik/sorot pada interface berikan nama interface pada comment ( digunakan untuk menandai setiap interface)

5.  Alokasikan IP address : IP >> address> (+) berikan IP pada masing-masing interfaces.


6 .  Berikan DNS : ip >> DNS >>server : 202.134.0.10, 202.134.1.155 >> beri   tanda centang  'Allow Remote Request'.




7 .  Melakukan koneksi ke Ethernet yang mengarah ke Internet.

    > IP dynamic : IP >>  DHCP Client >> (+) >>Apply >> OK . bound menandakan bahwa router kita sudah tersambung dengan ISP.





8 . Atur firewall NAT agar masing- masing klient dapat terhubung ke internet : IP >>Firewall >> NAT >> (+) >> general >>chain : src-nat >>out inrefaces ( sesuaikan Eth yang mengarah ke internet)  >> action : Masquerad OK.




9. Lakukan setting DHCP server pada masing-masing  interfaces sesuai yang di butuhkan : IP >> DHCP server >> dhcp SETUP >> NEXT.....Done >> OK.


   Setelah konfigurasinya selesai tinggal kita cek melalui PC apakah sudah dapat akses internet atau belum, sebelumnya atur setingan pada PC yang semula static di ubah menjadi DHCP. 

 Tinggal ping ke google jika replay maka konfigurasi berhasil.

Penutup
   Mungkin cukup sekian sharing pada kali ini dan bila ada salah kata maupun maksud yang kurang jelas saya mohon maaf dan Wassalamualaikum Wr.Wb

Sumber referensi  >di sini






0 Komentar