Pendahuluan
   Assalamualaikum Wr.Wb. Hay teman-teman bertemu kembali di blog saya, seperti biasa pada kesempatan kali ini  saya akan sharing tentang Crimping Kabel UTP.

Alat dan Bahan
1. Kabel UTP
2. Konektor RJ45
3. Tang Crimping
4. LAN Tester

Pembahasan
    Untuk contoh pengkabelan kali ini saya membuatan kabel LAN bertipe Straight. Kabel straight biasanya digunakan pada jaringan dari komputer ke switch hub atau perangkat lain yang hendak dihubungkan ke switch hub, sedangkan kabel cross lebih sering digunakan pada model komputer to komputer atau router to router.

Langsung saja kita masuk ke pembuatnya.

Langkah 1.
   Potong Kabel kurang lebih 4 Cm potong bagian luar atau pelindung kabel UTPnya. Lalu renggangkan kabel dalamnya atau lihat gambar dibawah ini :


Langkah 2.
Setelah itu atur susunan warnanya sesuai standarnya straight yaitu:
1.Putih orange
2.orange
3.putih hijau
4.biru
5.putih biru
6.hijau
7.putih coklat
8.coklat

Langkah 3.
   Jika sudah diatur posisi warnanya sesuai gambar diatas, lalu rapatkan setiap kabel warna tersebut seperti gambar diatas lalu potong pada bagian kabel warna kira-kira tersisa 1.4cm.

Langkah 4.
   Masukkan kabel ke dalam konektor secara rapi dan benar seperti gambar di bawah. Jangan lupa dorong kabel utp kedalam konektor dengan benar sampai ujung tembaga mentok di ujung  dan juga pastikan pelindung kabel utp tepat dibawah penjepit konektor.


                             Benar                                           Salah


    Pada tahap terakhir ini kita akan uji kabel LAN yang sudah kita buat berfungsi atau tidak, untuk memastikannya gunakan LAN Tester untuk pengecekkannya.
Berikut caraya :
Tancapkan kedua ujung konektor ke LAN Terster. Lihat gambar dibawah ini.


Turn On LAN Tester untuk memulai pengecekan kabel, cara mengetahui tester kabel benar atau tidak begini caranya :
Jika Lampu indikator pada urutan 1 sd 8 menyala berurutan dari 1 sampai dengan  8 pada kedua sisi, dapat dipastikan kabel LAN berfungsi dengan baik.

Penutup
Mungkin cukup sekian sharing pada kesempatan kali ini kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat bagi semua dan Wassalamualaikum Wr.Wb.

0 Komentar