Pendahuluan
   Assalamualaikum WrWb  Hay teman-teman bertemu lagi di blog saya, pada potingan kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat selama satu hari ini.

Maksud adan Tujuan

Mengetahui cara install operasi system Linux Mint

Pembahasan

  Sebelum melakukan instalasinya alangkah baiknya kita menyiapkan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Alat dan Bahan

1. Laptop
2. Flashdisk atau CD sebagai media bootablenya
3. Alangkah baiknya lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan install ulang OS yang sekiranya penting.

Langsung saja kita masuk ke tahap pra insalasinya.

1. Masuk ke bios dan lakukan konfigurasinya seperti kala menginstal OS lainnya. Setelah itu anda akan di bawa ketapilan awal pada saat instalasi Linux Mint. Langsung saja Enter pada tulisan Start Linux Mint.


2. Setelah itu maka tampilan akan seperti di bawah ini dan langsung saja kita install Linux Mint nya, klik saja icon CD pada desktop.



3. Setelah itu kita pilih bahasa yang akan kita gunakan.


4. Setelah itu kita pilih letak urutan papan keyboard ,kita pilih saja English.


5. Lanjut kamu akan disuguhkan pilihan apakah akan menginstall perangkat lunak tambahan atau tidak. Continue


 6. Selanjutnya pada tahap ini anda akan memilih tipe instalasi, disarankan dibantu dengan yang sudah berpengalaman. Ada banyak tipe instalasi  biasanya menggunakan pilihan something else untuk melakukan dual booting.


.

7. Selanjutnya pada tahap kali ini memang cukup sulit bagi para pemula maka dari itu perlu pendamping orang yang sudah paham betul tentang pemartisian. pembuatan partisi, tahap ini adalah tahap yang riskan pada semua jenis instalasi sistem operasi. Pada sistem operasi GNU/Linux, disarankan membuat 3 partisi yang berbeda yaitu partisi sistem, partisi data, dan partisi swap. untuk memahami ketiga partisi ini


8. Selanjutnya kita di minta untuk memberitahukan keberadaan kita. Pilih saja wilayah jakarta.


9. Selanjutnya pada tahap ini adalah mengisi informasi tentang user, isikan nama pengguna dan juga password. Untuk password sendiri jangan dikosongkan, hal ini nantinya akan diperlukan pada saat penginstalan aplikasi atau update sistem yang membutuhkan hak akses dan dimintai password.


10. Tahap akhir menunggu proses instalasinya. Setelah itu biasanya kita di suruh untuk merestart laptop kita.



Penutup
   Mungkin cukup sekian yang dapat saya sharingkan untuk hari ini dan bila ada salah kata maupun maksud yang kurang jelas saya mohon maaf dan semoga bemanfaat.
Wassalamualaikum Wr Wb















































0 Komentar