Pendahuluan
       Assalamualaikum Wr Wb sebelumnya saya ucapucapkan selamat datang kepada teman-teman  jadi pada kesempatan kali ini saya ingin sharing tenang system operasi LINUX.

Latar Belakang
    Minimnya pengetahuan ilmu tentang system operasi Linux

Maksud dan Tujuan 

     Mengetahui tentang system operasi linux dan perbandingannya dengan system operasi Windows.
 


 Pembahasan


        Linux adalah sebuah system operasi yang merupakan turunan dari UNIX,Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama.seperti perangkat lunak bebas ldan sumber lainnya pada umumnya,kode sumber Linux dapat di modifikasi,digunakan dan di distribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
      Linux di perkenalkan padda tahun 1991 oleh Linus Torvalds, Linus Torvalds adalah rekayasawan perangkat lunak firlandia yang di kenal sebagai perintis pengembangan kernel linux.

      Asal mula logo Linux suatu ketika Linus Torvalds sedang pergi berlibur ke taman bersama Andrew Tridgell, tanpa di sengaja jari Linus di patok oleh seekor pinguin dan menyebabkan Linus demam selama berhari-hari. Linus berpikir bahwa karakter pinguin cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya itu. Dan dari peristiwa itu linus mengharapkan bahwa sistem operasi linux akan segera mewabah di kalangan para pengguna komputer.

      Linux di sebarkan dengan bebas di bawah lisensi GNU,GPL/lisensi
pada publik umum yang pertama kali oleh Richard Matinus Stallman. Penamaan GNU di pilih karena rancangannya irip UNIX, tetapi berbeda dari UNIX,GNU tidah mengandung kode-ode UNIX.

Perbandingan Windows dengan Linux dari sisi.

  1. Keamanan dan virus
Windows
  • Lebih rentan terkena virus. Virus pada windows mudah dengan cepat berkembang, karena sifat komersialnya (tertutup) dan windows juga rentan terkena serangan hacker.
Linux

  • tahan akan serangan virus, tetapi bukan berarti linux bebas dari virus, tapi virus itu tidak akan bisa berkembang seoerti halnya virus pada windows.
   2. instalasi dan kelengkapan program

Windows
  • tidak menyediakan banyak program setelah di install
  • setelah ngnginstal windows kita harus menginsall driver

Linux
  • linux adalah suatu system operasi dan ketika kita menginstal os ini maka akan banyak menemui banyak aplikasi
  • dan berbeda dari windows linux ketika penginstalnya tidak perlu menginstal lagi driver.

   3. Sistem file yang di pakai

Windows

  • Menggunakan FAT dan NTFS (jika ingin memformat flashdisk sebaiknya menggunakan NTFS , karena dapat terdeteksi di Windows juga).
  • Tidak membedakan penggunaan nama file dengan huruf besar dan huruf kecil (case insensitive).
  • Menggunakan istilah drive untuk device dan partisi
  • MyComputer sebagai root 
  • Windows juga tidak bisa membaca file sistem Linux


 Linux
  • Membedakan penggunaan huruf besar dan kecil dalam berbagai aspek penggunaan sistem operasi (dituntut lebih teliti, karena berbasis CLI buka GUI).
  • Tidak menggunakan istilah drive untuk device dan partisi, yang digunakan adalah direktori biasa.
  • Linux mengenal direktori root (disimbolkan dengan / ).
  • Linux dapat membaca dan menulis ke FAT32, dan dapat membaca dan menulis NTFS.
Mengapa kita tdak perlu menginstal antivirus pada linux.


1. Sangat sedikit dijumpai malware pada Linux Karena di Linux di kenal dengan sistem permisi, jika status kita hanya sebagai user maka tidak bisa melakukan apa – apa pada file administrator. Hal ini tidak berlaku di windows, seorang user saja bisa menambah dan mengurangi program. Jadi Linux sangat aman terhadap serangan virus.

2. Bila Anda ingin menginstal sebuah program baru pada Windows, Anda tinggal buka Google dan mencari programnya. Bila Anda ingin menginstal program di Linux, Anda membuka paket manajer dan men-download dari repositori perangkat lunak distribusi Linux anda. Repositori ini berisi perangkat lunak yang terpercaya yang telah diperiksaoleh distribusi Linux anda pengguna tidak tidak bisa men-download dan menjalankan
perangkat lunak sewenang-wenang.



Kesimpulan
    Mengerti perbandingan system operasi windows dan  linux.


Penutup
   Mungkin sekian yang dapat saya sharingkan pada kesempatan kali ini kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat  bagi teman-teman.
Wassalamualaikum Wr Wb

0 Komentar