Pendahuluan
   Assalmalaikum Wr Wb sebelumnya saya ucapkan selamat datang kembali kepada teman-teman .

Latar Belakang
   Maraknya perangkat elektronik  yang selalu menjadi perangkat yang selalu kita gunakan setiap hari  tetapi tidak tau  tetapi cuma memakainya dengan asal-asalan maka dari itu saya ingin sharing tentang sound system.

Pembahasan

    Sound system adalah sistem perangkat elektronik untuk mengolah dan membesarkan 1 bunyi (suara)  atau lebih  sumber bunyi (suara) yang tercampur dalam satu perangkat pengeras bunyi yang terdengar di Loudspeaker yang bisa diatur tingkatan bunyinya menurut kapasitas ruang dan bunyi tersebut dapat di terima oleh telinga dalam lingkup ruang yang ada.

Perangkat-perangkat dalam sound system:

1.  MIXER

    Mixer adalah suatu peralatan audio yang dipergunakan sebagai alat untuk mencampur berbagai sumber suara, mengolah suara, mengatur, mengontrol input dan memperkuat sinyal suara menjadi suatu hasil keluaran suara yang diinginkan proses tersebut di sebut mixing.

Ciri-ciri mixing yang baik:

    1. Nyaman di dengar oleh pendengar.
    2. Menciptakan efek vokal sesuai posisi.
    3. Menciptakan suara yang natural.
    4. Tidak saling mendominasi ( tidak boleh terpaku fokus pada satu sumber objek saja ).
    5. menciptakan suasana yang nyaman.

2.  POWER AMPLY

    Power amply adalah sebuah perangkat penguat sinyal audio yang pada dasarnya merupakan penguat tegangan dan arus dari sinyal audio yang bertujuan untuk menggerakan pengeras suara Istilah power ampy merupakan penguat akhir sehingga tidak dilengkapi dengan pengatur nada.

3.  SPEAKER

    Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan yang  berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya.


4.   MICROPHONE

    Microphone adalah perangkat elektronik yang di gunakan untuk menangkap bunyi atau suara yang berada di sekitarnya. Pada dasarnya microphone bekerja mengubah gelombang ,getaran suara menjadi sinyal listrik.

Macam-macam microphone:

    1. Handheld

      
Hasil gambar untuk mikrofon hand
       microfon ini paling sering kita jumpai karena microfon ini sering di gunakan pada kegiatan-kegiatan seperti penyanyi panggung,pidato,pengajian ,dll.


    2. Condenser


Gambar terkait

        microfon ini biasanya digunakan oleh para penyanyi rekaman maupun para penyiar radio. mikrofon condenser biasanya memiliki sensitifitas lebih tinggi dan noise lebih sedikit. Selain itu juga memiki kemampuan merespon frekuensi paling komplit diantara jenis mikrofon lainnya jadi microfon ini sangat cocok bagi para cover ataupun rekaman lagu.

3. shotgun


Hasil gambar untuk mikrofon shotgun

        microfon ini basanya di gunakan bagi para wartawan berita.kenapa begitu karena pada dasarnya microfon ini memiliki keistimewaan cukup keren yaitu mampu menangkap suara atau gelombang bunyi yang cukup jauh selain itu microfon ini mampu menangkap suara dengan sasaran satu objek walaupun di dekat sumber objek terdapat sumber suara lainnya.
        Jadi kenapa microfon ini di sebut microfon shotgun mungkin karena mampu mendidik arah suatu sumber objek yang di pilih.

      

Penutup

mungkin cukup sekian yang dapat saya sharingkan semoga bermanfaat.

Wassalmualaikum Wr.Wb

0 Komentar