Pendahuluan
   Assalamualaikum WrWb hay teman-teman bertemu lagi di blog saya,seperti biasa pada kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat pada kegiatan saya pada pagi hari tadi.ya pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang cara mengeblok web http pada routerboard Mikrotik dengan menggunakan salah satu fitur pada mikrotik yaitu web proxy.

Latar Belakang
   Sehubungan dengan kegiatan yang telah saya dapatkan ketika melaksanakan kegiatan yang telah saya dapat pada hari ini.

Maksud dan Tujuan


Alat dan Bahan
1. laptop
2.Mikrotik Routerboard
3.aplikasi Winbox

Pembahasan

Blokr situs dengan Web proxy
1. Pertama kalian buka dulu winbox nya seperti biasa lalu connect kan.
2. Lalu aktifkan Web Proxy nya. IP => Web Proxy => centang untuk menghiupkan proxy nya dan isikan port proxy nya. Port default proxy itu 8080.


3. Setelah proxy sudah aktif untuk mikrotik, maka komputer atau client ingin menggunakan service proxy ini kita harus mengaturnya . bisa menggunakan service proxy nya dengan cara membelokkan semua Traffic HTTP client ke web proxy yang ada di mikrotik dengan menggunakan fitur NAT. IP => Firewall => NAT => isikan chain dengan (dstnat) => Protocol tcp 6 =>  Dst. port nya ( 80 ) karena port HTTP => In interface ( Wlan 2 ) karena saya menggunakan Wlan 2 yang di buat untuk hotspot, jadi client menyambungkan hotspot saya itu terletak pada wlan 2 yang ada di mikrotik saya. => Action ( redirect ), To port (8080).









4. Lalu blok website tertentu agar client tidak bisa mengakses situs tersebut. IP => Web Proxy => Acces => Tambahkan rule nya isikan Dst.Host ( *blogspot* ) & Action ( deny ) => Apply => Ok


 5. setelah selesai tinggal kita uji apakah konfigurasinya berhasil atau tidak.





Penutup
   Ya mungkin cukup sekian yang dapat saya sharingkan pada postingan kali ini bila ada salah kata atau maksud yang kurang jelas saya minta maaf dan Wassalamualakum WrWb.

0 Komentar