Pendahuluan
    Assalamualaikum WrWb halo teman-teman bertemu lagi di blog saya yang sederhana ini,sebelumnya saya ucapkan selamat datang kembali kepada teman-teman yang telah hadir untuk membaca-baca sharingan yang telah saya posting.ya jadi pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat selama mengikuti training cisco pada hari ke 5 ini.

Latar Belakang
    Sehubungan dengan kegiatan yang telah saya dapatkan ketika mengikuti training cisco yang membahas tentang ssh perangkat cisco router.

Maksud dan Tujuan


Pembahasan

   Kita buat topologinya terlebih dahulu pada kali ini saya mengunakan topologi seperti di bawah,




langsung saja kita kofigurasi dengan masuk ke router, dengan cara klik pada perangkat router lalu pilih menu CLI pada pilihan. dan langsung saja masukkan scripnya  seperti yang telah saya cantumkan di bawah ini.




Router>enable
Router#configure terminal
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Router(config)#interface fastethernet ( interface yang menuju ke PC)
Router(config-if)#ip address ( ip router dan netmask ) Untuk pemberian ip dan netmasknya dapat terserah teman-teman.
Router(config-if)#no shutdown

Router>enable
Router#configure terminal
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Router(config)#interface fastethernet0/0
Router(config-if)#ip address 192.168.1.1 255.255.255.252
Router(config-if)#no shutdown



Router(config)#hostname ( pemberian nama pada router di sini saya menggunakan RT-0 )
RT-0(config)#username ( pemberian username dan password pada router ketika di ssh oleh PC dan username dan password dapat di isi bebas )
RT-0(config)#ip domain-name ( domain dapat di isi bebas )

Router(config)#hostname RT-0
RT-0(config)#username admin secret open
RT-0(config)#ip domain-name open.com
RT-0(config)#


RT-0(config)#crypto key generate rsa
The name for the keys will be: RT-0.open.com
Choose the size of the key modulus in the range of 360 to 2048 for your
General Purpose Keys. Choosing a key modulus greater than 512 may take
a few minutes.



How many bits in the modulus [512]: 1024
% Generating 1024 bit RSA keys, keys will be non-exportable...[OK]

RT-0(config)#line vty 0 4
RT-0(config-line)#login local
RT-0(config-line)#tra
RT-0(config-line)#transport i
RT-0(config-line)#transport input s
RT-0(config-line)#transport input ssh
RT-0(config-line)#exit

Penutup

   Mungkin cukup sekian sharing yang dapat saya sampaikan dan bila ada salah kata saya ucapkan minta maaf dan Wassalamualaikum Wr.Wb.






0 Komentar