Pendahuluan
   Assalamualaikum Wr.Wb ya bertemu lagi dengan blok saya.jadi pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang materi yang telah saya dapat dalam mengikuti training cisco.jadi materi yang akan saya sharingkan adalah konfigurasi port security pada aplikasi simulasi packet tracer.

Latar Belakang
   Sehubungan dengan kegiatan yang telah saya dapatkan ketika mengikuti training cisco yang membahas tentang Port Security.

Maksud dan Tujuan
   Memahami tentang apa itu Port security

Pembahasan
   Port security adalah sebuah trafik kontrol yang bekerja di layer 2 data link (Mac Address). Port security sendiri berfungsi untuk mendaftarkan dan membatasi perangkat end devices mana saja yang dapat terhubung pada suatu port di switch tersebut.

Terdapat 3 metode yang di gunakan untuk mendeteksi Mac addres mana saja yang bisa mengakses.
1. Static adalah menentukan secara manual MAC Address PC yang diperbolehkan mengakses port interface pada perangkat.
2. Dynamic adalah switch secara otomatis mendeteksi MAC Address PC yang terhubung dengan port Interfacenya saat pertama kali dan Mac Address itu lah yang dapat mengakses port switch itu. Kelemahan metode ini MAC Address PC akan hilang ketika Switch mati.
3. Sticky adalah metode yang  menggabungkan antara Static dan Dynamic, Switch akan secara otomatis mendeteksi MAC Address PC, lalu memasukan MAC Address tersebut ke dalam MAC Address table, sehingga ketika switch dimatikan dan dihidupkan kembali maka MAC Address PC yang telah terdaftar tidak hilang.


Terdapat 3 macam metode yang di sediakan oleh port security yaitu:
1. Shutdown adalah jika terjadi pelanggarang maka port akan di matikan dengan status port terdisable lalu switch akan mengirim nitifikasi (SNMP)
2. Retrict adalah jika terjadi pelanggaran akan tetap menyala tetapi tidak bisa di gunakan lalu switch akan mengirim notifikasi (SNMP).
3. Protect adalah jika terjadi pelanggaran maka port akan tetap menyala tetapi tidak bisa di gunakan lalu switch tidak mengirim notifikasi (SNMP)

















0 Komentar