Pendahuluan
   Assalamualaikum WrWb, hay teman-teman bertemu lagi di blog saya,seperti biasa pada kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat pada kegiatan saya pada pagi hari tadi. Ya pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang konfigurasi bridge pada Mikrotik Routerboard.
Latar Belakang


Maksud dan Tujuan
Memahami tentang apa itu bridge dan dapat kofigurasi bridge pada Mikrotik.

Pembahasan

   Bridge adalah  menggabungkan 2 atau lebih interface pada mikrotik  yang bertipe ether atau sejenisnya dan menjadikan seolah oleh dua atau lebih ethernet tersebut  berada dalam satu segmen jeringan yang sama. Proses ini terjadi pada layer data link. mengaktifkan bridge  pada dua buah interface akan menonaktifkan fungsi routing di antara kedua interface tersebut. 
adapun  kelemahan menggunakan mode bridge pada mikrotik. Permasalahan pada satu segment akan membuat masalah di semua segment pada bridge yang sama.

Berikut ini jenis-jenis interface yang dapat dijadikan bridge port :
1.Ethernet
2.Vlan
3.Wireless AP
4.Eoip
5.PPTP (point to point tunnel protokol)

Berikut adalah contoh salah satu konfigurasi bridge.
Langkah 1.
Buat interface bridge terlebih dahulu. dengan cara Bridge > (+) > apply >ok.

 Langkah 2.
setelah itu kita masukkan port interface mana yang akan kita bridge dengan cara port > (+) > interface (2) > bridge (bridge 1) > apply > ok. lakukan sekali lagi untuk port interface (3). 

 Langkah 5.
pemberian IP pada interface dengan cara IP > address > (+).


 Langkah 6.
Atur dhcp server untuk interfacenya bridge.
 
setelah itu dapat kita cek host yang terhubung baik melalui interface ether 2 ataupun 2 mendapatkan ip yang satu subnet.



Penutup 
   Mungkin cukup sekian yang dapat saya sharingkan pada postingan kali ini dan bila ada salah kata maupun maksud yang kurang jelas saya mohon maaf dan Wassalamualaikum Wr.Wb. 


0 Komentar