Pendahuluan
   Assalamualaikum WrWb hay teman-teman bertemu lagi di blog saya,seperti biasa pada kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat pada kegiatan saya pada pagi hari tadi.ya pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang macam-macam tool monitoring pada Mikrotik.
Latar Belakang
ketika kita sudah selesai melakukan konfigurasi pada mikrotik kita dapat mengecek konfigurasinya dengan tool monitoring jaringan. Beberapa di antaranya service monitoring yang akan saya sharingkan pada postingan kali ini.
Maksud dan Tujuan
Sharing tentang materi service monitoring pada Mikrotik
Pembahasan
1. Ping
   Adalah service monitoring yang di gunakan untuk mengecek konektifitas pada host. Ping menggunakan protokol ICMP untuk mengirimkan pesan yang kepada IP address yang di coba konektifitasnya. contoh:

2. Traceroute
    Merupakan service monitoring  yang di gunakan untuk mengetahui alamat IP yang di lewati dari Source IP menuju ke  Destination IP. Coba kita uji dengan cara masuk ke menu Tool > Traceroute Contoh:

3.Flood Ping
    Merupakan service monitoring yang mengetahui jumlah paket, besar paket waktu yang di butuhkan untuk mengirim paket dan jumlah paket yang di terima. Coba kita uji dengan cara masuk ke menu Tool > Flood Ping
Contoh:
4.Resource
    Merupakan salah satu service monitoring ya ng di gunakan untuk melihat kinerja dari mikrotik kita mulai dari CPU, total harddisk, total memori yang di gunaka, Broudname, dst.

 5.IP Scan
    Adalah tool monitoring yang di gunakan untuk melihat IP host yang terhubung pada salah satu interface pada Mikrotik. Kita dapat mencobanya dengan cara Tool > IP Scan Contoh:

Penutup
    Mungkin cukup sekian sharing pada kesempatan kali ini kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat bagi semuanya dan Wassalamualaikum Wr.Wb

0 Komentar