Pendahuluan
   Assalamualaikum WrWb  Hay teman-teman bertemu lagi di blog saya, pada potingan kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat selama satu hari ini tentang komponen-komponen Hardware pada komputer.
Pembahasan

1. Casing CPU
Casing CPU biasanya terbuat dari plastik dan beberapa juga terbuat dari besi, stainles. Casing ini berguna untuk melindungi berbagai komponen-komponen yang terdapat dalam CPU dapat terhindar dari debu, panas, air, gigitan tikus.
Selain itu, Casing juga berfungsi sebagai tempat kita meletakkan dan memasang berbagai komponen seperti motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk.
2. Motherboard
Motherboard ini merupakan sebuah papan sebagai tempat berbagai komponen elektronik dan komputer lainnya dipasang dan bisa terhubung satu dengan yang lain. Adapun komponen-komponen yang terdapat di dalam motherboard ini adalah processor, sound card, video card, hard disk, RAM, dll.

3. Processor

Processor salah satu komponen inti atau bisa juga di sebut otak komputer yang terdapat dalam CPU komputer. Sebab, jika tidak ada processor, kemungkinan perangkat komputer tidak dapat bekerja sama sekali. Semua proses maupun perintah akan dikerjakan pada processor, semakin tinggi kecepatan suatu processor, maka semakin cepat komputer dalam memproses berbagai macam data.

4. Kipas Processor

Komponenini merupakan perangkat yang di gunakan untuk membantu kinerja suatu processor. Kipas Processor berfungsi sebagai pendingin dan menjaga agar suhu processor tetap dingin dan stabil.

5. RAM
RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen yang terdapat pada bagian unit CPU.komponen RAM bekerja sebagai tempat menampung data sementara yang telah diproses processor.

6. Hardisk (HDD)
Hardisk berfungsi untuk menyimpan berbagai data dan juga menyimpan berbagai sistem operasi dari suatu perangkat komputer. Dan semakin besar kapasitas hardisk, maka semakin banyak pula data-data konvensional yang dapat di tampung.
Ukuran kapasitas Hardisk bervariasi mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 TB, hingga 3 TB.

8. VGA CARD (Video Graphic Adapter)
VGA berfungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor. Tanpa VGA, maka layar komputer bisa dipastikan tidak menampilkan apa-apa, alias blank. Selain hal itu, VGA juga sangat penting untuk menentukan kualitas gambar yang ditampilan pada monitor komputer.

Komponen terakhir adalah Power Supply, merupakan komponen yang berfungsi sebagai sumber arus listrikSelain itu, Power Supply juga berfungsi merubah tegangan DC menjadi AC sebelum dialirkan ke setiap komponen-komponen komputer yang ada.

Penutup
   Mungkin cukup sekian sedikit sharing yang dapat saya posting dan bila ada salah kata maupun maksud yang kurang jelas saya mohon maaf dan Wassalamualaikum Wr.Wb.

0 Komentar