Pendahuluan

    Assalamualaikum WrWb. Hay teman-teman selamat datang kembali di blog saya.ya jadi pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang cara reset Mikrotik Routerboard.

Latar Belakang

   Ya kita sebagai manusia yang masih tahap minim dan pelupa dalam menggunakan perangkat Mikrotik,banyak alasan bagi kita untuk melakukan reset terhadap mikrotik kita mulai dari lupa password, pengen mengembalikan ke konfigurasi awal dan bahkan hanya untuk refresh sistem, nah bagaimana sih caranya?

Maksud dan Tujuan

Mengetahui cara reset Mikrotik Routerboard

Pembahasan

   Ya seperti yang telah saya paparkan di atas, jadi di dalam mereset Mikrotik Routerboard terdapat dua cara softreset dan hardreset.

1. softreset.

   Cara yang pertama ini reset melalui sistem dalam nya, kita harus terlebih dahulu masuk ke winbox.




setelah melakukan langkah di atas tunggu beberapa saat ,maka Mikrotik Routerboard kalian akan kembali ke konfigurasi awalnya.

2.hardreset

   ya pada cara yang kedua ini kita resetnya melalui perangkat langsung secara fisiknya.  cara ini tidak terlalu sulit di bandingkan dengan cara yang pertama tadi (softreset) kenapa begitu,karena pada cara pertama kita harus meremot mikrotik terlebih dahulu menggunakan winbox lalu meresetnya.



  langkah pertama.
Silahkan kalian cari tombol reset, setiap tipe Routerboard  biasanya berbeda namun umumnya selalu terdapat lubang kecil deket tombol power dan ada tulisanya reset, setelah ketemu lubangnya kita kita masukan alat yang dapat masuk kelubang resetnya. biasanya pulpen, namun hati hati jangan sampai terlalu keras menusuk nya cukup terdengar bunyi klik aja, cabut dan tekan beberapa saat.


  langkah kedua.
kemudian langkah selanjutnya masukkan kabel powernya dalam kondisi lubang masih di tekan,biarkan saja sampai beberapa saat sampai lampu indikator berkedip-kedip.maka routerboard siap digunakan lagi dalam kondisi awal.

Kesimpulan

    Perlu di ketahui bahwa ketika kita melakukan reset terhadap mikrotik Routerboard maka konfigurasi mikrotiknya kembali ke awal,dan sudah ada  IP 192.168.88.1 awal yang diggunakan untuk masuk ke kofigurasinya melalui winbox., jadi untuk kalian bisa mengaksesnya sesuaikan terlebih dahulu ip laptop kalian agar satu network dengan mikrotiknya.

Penutup

   Mungkin cukup sekian yang dapat saya sharingkan pada kesempatan kali ini,bila ada salah kata saya ucapkan mohon maaf dan Wassalamualaikum WrWb.

0 Komentar