Pendahuluan
    Assalamualaikum Wr Wb ,ya sebelumnya saya ucapkan selamat datang kembali kepada teman-teman semua yang telah berkunjung di postingan blog saya.ya pada kesempatan kali ini saya akan sharing postingan tentang apa yang telah saya dapat selama mengikuti training cisco pada hari ke 4.

Latar Belakang
   Pada sebuah perangkat jaringan baik dari vendor cisco maupun mikrotik. kita dapat mengkonfigurasi basic.

Maksud dan Tujuan
    Mampu menerapkan maupun mempraktekan ilmu yang telah di dapat dari mengikuti training cisco tentang  konfigurasi basic.

Pembahasan


   Ya seperti yang telah tertera di atas merupakan topologi yang akan kita gunakan.jadi pada real device ketika kita hedak mengkonfigurasi sebuah perangkat jaringan kita memerlukan peralatan bantuan seperti sebuah laptop/PC, kabel console, dan aplikasi minicom (merupakan sebuah aplikasi perantara bagi admin untuk melakukan konfigurasi perangkat jaringan) bukan cuma konfigurasi switch melainkan router juga menggunakan itu semua. Langsung saja kita masuk ke konfigurasinya.

1. konfigurasi hostname. (konfigurasi untuk memberi nama pada perangkat)
klik pada PC0 masuk ke desktop pilih tampilan terminal lalu klik OK. maka secara otomatis kita akan masuk ke mode konfigurasi CLI. dan di sinilah kita akan mengkonfigurasi.

 Switch>enable
 Switch#configure terminal
 Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
 Switch(config)#hostname SW-ruang1
 SW-ruang1(config)#


2. Membuat password ketika masuk ke switch mengunakan line console.
 SW-ruang1(config)#line console 0
SW-ruang1(config-line)#password open
SW-ruang1(config-line)#login
SW-ruang1(config-line)#exit
SW-ruang1(config)#exit
SW-ruang1#

3. Membuat tampilan tulisan pada saat pertama masuk ke mode CLI di konfigurasi switch dengan cara menggunakan perintah BANNER MOTD.
SW-ruang1(config)#banner motd "WELCOME TO THE JUNGLE"
SW-ruang1(config)#EXIT


dalam membuat sebuah banner motd ketika kita akan memasukkan kalimat atau kata harus di dahului simbol-simol, pada konfigurasi kali ini saya menggunakan simbol tanda petik("kalimat yang digunakan"). 

Penutup
   Mungkin cukup sekian yang dapat saya sharingkan pada kesempatan kali ini,bila ada salah kata saya mengucapkan mohon maaf dan Wassalamualaikum Wr Wb.

0 Komentar