Pendahuluan
   Assalamualaikum WrWb hay teman-teman bertemu lagi di blog saya,seperti biasa pada kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya dapat pada kegiatan saya pada pagi hari tadi.ya pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang Netinstall pada Mikrotik Routerboard.

Latar Belakang

Maksud dan Tujuan
   Memahami tentang apa itu Netinstall dan dapat menginstall ulang Mikrotik

Alat dan Bahan
1. Laptop
2. Mikrotik Routerboard
3. Mikrotik RouterOS (download MikrotikOS)
4. Kabel UTP
5. pena/obeng kecil
6. Netinstall (download Netinstall)

Pembahasan
    Netinstall adalah program yang berjalan pada system operasi Windows yang di gunakan untuk menginstall ulang mikrotikOS yang berjalan pada Mikrotik Routerboard dengan melalui Ethernet. Kenapa harus Netinstall? contoh dalam kasus dimana instalasi sebelumnya gagal dan mengakibatkan rusak atau fitur-fitur yang tidak dapat di gunakan dan password akses hilang. maka disinilah peran Netinstall dapat berlangsung.
  

Berikut adalah langkah-langkah Netinstall Mikrotik.
1. Pasang kabel UTP pada PC dan port Mikrotik (untuk mikrotik tancapkan saja pada ether 1) bertujuan untuk menghubungkan PC ke Mikrotik pada saat Netinstall.

2. Atur IP pada PC yang satu jaringan dengan Mikrotik.
  IP address 192.168.10.2
  Netmask 255.255.255.0
  IP gateway 192.168.10.1


3. Jalankan Netinstall lalu klik booting. klik pada boot server enabled. lalu masukkan IP gateway dari PC (192.168.10.1).lalu klik OK.




4. Setelah itu tekan tombol reset pada mikrotik beberapa saat. dengan menggunakan pena atau obeng kecil untuk menekan tombol resetnya tahan dan masukkan kabel power dan tunggu beberapa saat. Amati lampu reset berkedip-kedip beberapa saat hinngga muncul icon RouterBoard di kolom Routers/Drivers pada Netiinstall,tampilannya seperti screen shoot di bawah.
jika tampilan icon sudah muncul ,lepaskan penekanan tombol reset.


5. Klik Browse untukk memilih file OS yang sudah di download tadi. klik install. proses instalasi akan berjalan beberapa saat.


6. Setelah instalasi selesai, tunggu sampai proses reboot selesai.selanjutnya masuk ke Mikrotik dengan Winbox dan masuk menggunakan Mac address.


Penutup 
   Mungkin cukup sekian yang dapat saya sharingkan pada postingan kali ini dan bila ada salah kata maupun maksud yang kurang jelas saya mohon maaf dan Wassalamualaikum WrWb.

0 Komentar